Pada tahun
1982,seorang profesor dari Stanford University yang bernama Jim Clark memulai
membuka perusahaan komputer grafis yang pertama yaitu Silicon Graphics Computer
System, yang kemudian dikenal dengan nama SGI. Para teknisi SGI membutuhkan
cara yang standar spesifikas untuk pengoperasian dan transformasi 3D, oleh
sebab itu mereka mendesain sebuah aplikasi pemrograman antarmuka (API) yang
bernama IrisGL. IrisGL ini hanya dapat
digunakan pada hardware keluaran dari SGS (tidak bersifat open-standard). Pada
saat yang bersamaan, vendor lain termasuk Sun Microsystem, IBM dan
Hewlett-Packard juga mengeluarkan produk 3D hardware di pasaran. Mereka
menggunakan jenis API lain yang disebut PHIGS. Karena vendor lain juga
meluncurkan produk 3D hardware di pasaran, lingkup pemasaran SGI pun menjadi
berkurang.
Untuk kembali
mendongkrak penjualan produk mereka ke pasaran, akhirnya SGI mengubah IrisGL
menjadi open-standard. Namun akrena alasan lisensi dan hak paten, mereka tidak
dapat meluncurkan IrisGL versi open-standard. Akhirnya mereka membuat API baru
berbasis IrisGL yang diberi nama OpenGL
Awalnya, OpenGL
didesain untuk digunakan pada pemrograman C/C++, namun seiring dengan
berjalannya waktu, OpenGL dapat digunakan pada berbagai jenis bahasa
pemrograman seperti, Java, Visual, Basic, Delphi, dan sebagainya. Untuk menggunakan OpenGl dalam compiler bahasa pemrograman misalnya
C++, dibutuhkan instalasi library tertentu. GLUT (OpenGL utility Toolkit)
merupakan library dari pengembangan OpenGL untuk sistem windows. GLUT didesain untuk membuat program OpenGL yang
berukuran kecil sampai medium. GLUT tidak dapat secara langsung digunakan,
karena membutuhkan beberapa file tambahan antara lain : glut.h, glut.lib, dan
glut32.dll yang disimpan pada direktori tertentu.
- Tutorial Instalasi Dev-C++ dan OpenGL : Download Disini!
Mikael Alfino
14111482
3KA32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar